Cari Solusi Indeks Kebebasan Pers Turun Organisasi Jurnalis di Sumsel Gelar Fesmed

- 18 Desember 2023, 10:13 WIB
Fotografer anggota PFI Palembang penerima anugerah di ajang World Press Photo 2022, Abriansyah Liberto (tengah) bersama fotografer senior Mushaful Imam (kanan) saat mengisi sharing session di Festival Media AJI Palembang 2023
Fotografer anggota PFI Palembang penerima anugerah di ajang World Press Photo 2022, Abriansyah Liberto (tengah) bersama fotografer senior Mushaful Imam (kanan) saat mengisi sharing session di Festival Media AJI Palembang 2023 /

 

 

 

 

KRITISSUMSELPIKIRANRAKYAT - Festival Media yang bertajuk Kolaborasi Menjaga Independensi yang digagas oleh AJI Kota Palembang yang berlangsungg di Utopia Collaboration Space, Jl POM IX Kampus Palembang, menjadi ajang pembuktian bagi jurnalisme di Palembang dan Sumsel secara luas. Utamanya berkaitan dengan kerja kolaboratif dalam penguatan kapasitas dan peningkatan kualitas jurnalisme, penyiaran dan pertelevisian.

Ini merupakan langkah awal kita untuk bersama membangkitkan kembali kepercayaan publik terhadap pers dan jurnalisme berkualitas," kata Ketua AJI Palembang, Fajar Wiko.

Hal ini berkaitan dengan kondisi dan iklim kemerdekaan pers di Sumsel yang angkanya turun signifikan pada tahun 2023 ini dibanding tahun sebelumnya.

Menjadi ironis, karena pada 2010 lalu insan pers Indonesia menyepakati Piagam Palembang. (hasil indeks kebebasan pers) kita telah mengabaikan sejarah pers di Sumsel," ungkap Wiko."

Baca Juga: Brigjen Agus Wijayanto : Polri Harus Junjung Tinggi Netralitas, Walaupun Istrinya Mencalonkan Di Pemilu 2024

Halaman:

Editor: Yudi Purwadi

Sumber: AJI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah