Ratusan Rumah Warga di Ogan Ilir Terendam Banjir, Pemkab Akan Dirikan Dapur Umum

- 14 Maret 2024, 04:49 WIB
Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar saat meninjau banjir di Desa Seri Kembang I, Rabu siang, 13 Maret 2024.
Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar saat meninjau banjir di Desa Seri Kembang I, Rabu siang, 13 Maret 2024. /

KRITISSUMSELPIKIRANRAKYAT - Hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah Ogan Ilir, Sumatera Selatan, pada Selasa malam hingga siang hari.

 

 

 

 

Sejumlah daerah di Ogan Ilir pun terendam banjir diantaranya Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat, Pemulutan Selatan, Tanjung Batu, Payaraman, Muara Kuang dan Rambang Kuang.

Di Kecamatan Payaraman misalnya, desa yang terdampak banjir yakni Seri Kembang I, Seri Kembang II dan Seri Kembang III.
 
"Di Desa Seri Kembang I dan Seri Kembang II tercatat masing-masing ada lebih dari 100 rumah terdampak banjir. Di Desa Seri Kembang III ada 80-an rumah," terang Panca di sela kegiatan peninjauan banjir, Rabu petang, 13 Maret 2024.
 
 
Satu lagi desa dekat Seri Kembang yang terdampak banjir yakni Desa Seri Tanjung di Kecamatan Tanjung Batu dengan lebih dari 160 rumah tergenang air.
 
Panca pun merasakan sendiri berjalan di tengah genangan air setinggi lutut hingga dada orang dewasa. Selain meninjau banjir, Panca memberikan bantuan kepada warga berupa sembako dan perlengkapan tidur.
 
Melihat kondisi warga yang terdampak banjir, Pemkab Ogan Ilir akan mendirikan posko dan dapur umum di empat desa tersebut. 
 
"Tiga dapur umum diprioritaskan bagi wanita, lansia dan anak-anak. Selama terjadi banjir, setiap dapur umum menyediakan 1.350 porsi makanan per hari," terang Panca.
 
 
Masih kata Panca, Pemkab Ogan Ilir terus berupaya menanggulangi banjir, termasuk dampak-dampak yang ditimbulkan.
 
"Maka saya instruksikan kepada dinas-dinas terkait, camat agar memastikan semua yang terdampak banjir harus terpenuhi sembako, vitamin. Yang rumahnya terendam dan tidak bisa tidur, dialihkan ke tempat pengungsian," kata Panca.
 

Editor: Indraihsan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x