Sudah 5 Bulan Kasus Pembunuhan Wanita Tua di Tanjung Raja OI Belum Terungkap, Pelaku Masih Diburu

- 7 Maret 2024, 09:17 WIB
Alpian, putra sulung mendiang Masiah saat ditemui di kediamannya, Kamis, 7 Maret 2024.
Alpian, putra sulung mendiang Masiah saat ditemui di kediamannya, Kamis, 7 Maret 2024. /

KRITISSUMSELPIKIRANRAKYAT - Polisi telah mengantongi identitas pelaku pembunuhan wanita tua di Desa Tanjung Agas, Kecamatan Tanjung Raja, Ogan Ilir. Kapolres Ogan Ilir AKBP H. Andi Baso Rahman menyebut perkara ini sedang dalam proses penyidikan.

 
 
 
 
 
 
 
"Kami sedang melakukan penyidikan untuk memperjelas, membuat terang tindak pidana ini. Sementara masih berjalan," kata Andi, Kamis, 7 Maret 2024.
 
 
Identitas pelaku diketahui berkat keterangan sejumlah saksi baik itu keluarga maupun kerabat korban bernama Masiah.
 
"Iya (diketahui identitas pelaku). Ini juga berkat kerjasama dengan masyarakat," kata Andi.
 
Sebelumnya, Masiah ditemukan tak bernyawa di atas tempat tidur di kamar rumahnya pada 19 September 2023 lalu. Kapolsek Tanjung Raja AKP Hermansyah mengatakan, polisi telah memeriksa sejumlah saksi terkait perkara dugaan pencurian dengan kekerasan tersebut.
 
"Dugaan awal, korban ini 363 (KUHP, sasaran pencurian). Namun karena (pelaku diduga) kepergok, jadi 365 (KUHP, pencurian dengan kekerasan)," ungkap Hermansyah.
 
Menurut Hermansyah, saat ditemukan tak bernyawa, terdapat luka sayatan di leher Masiah.
 
Keluarga pun menantikan pengungkapan perkara kematian Masiah karena ada kecurigaan wanita 73 tahun itu menjadi korban pencurian dengan kekerasan. Kecurigaan tersebut disampaikan putra Masiah bernama Alpian.
 
"Saat ibu ditemukan meninggal, ada barang-barang hilang seperti kipas angin, TV tabung, tabung gas," kata Alpian diwawancarai terpisah.
 
 
Alpian tak menyangka ibundanya meninggal dengan cara tak wajar, di mana ditemukan luka benda tajam di leher.
 
Menurutnya, ibundanya semasa hidup tak memiliki masalah dengan siapapun, malah kerap membantu keluarga maupun kerabat yang membutuhkan. Pihak keluarga telah melaporkan perkara ini ke aparat Polsek Tanjung Raja. Namun hingga lima bulan berlalu setelah peristiwa tersebut, belum ada tanda kasus akan terungkap.
 
Alpian dan sejumlah anggota keluarga lainnya juga telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada kasus ini. Dirinya berharap kasus ini segera terungkap dan pelaku pembunuhan dihukum seberat-beratnya.
 
"Sepertinya pelaku bukan orang asing. Menurut saya begitu. Saya berharap keadilan itu ada," ucap pria 53 tahun ini.
 
 
Keluarga, disebut Alpian telah mengikhlaskan kepergian Masiah untuk selamanya, namun hukum harus ditegakkan.
 
"Kami pasrah dan berharap cepat terungkap, pak polisi segera menangkap pelaku. Kami serahkan kepada aparat penegak hukum karena tidak mungkin kami yang menghukum pelaku," tutur Alpian.

Editor: Indraihsan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x